Kamis, 16 Juli 2009

Lebih Penting

Seorang kawan saya, yang juga jurnalis sebuah koran harian, setiap pagi selalu mengirim sms, dan isinya selalu sama: Hari ini agendanya apa?. Kecuali Sabtu dan Minggu, kawan itu dengan setia selalu mengirimi saya sms yang sama selama hampir 3 tahun belakangan ini.

Dan dengan setia, saya juga membalas sms itu, dengan menuliskan beberapa agenda kegiatan yang saya tahu. Harapan saya ketika itu, mudah-mudahan kawan saya itu selalu mendapat berita sekaligus foto yang bagus untuk medianya.

Seiring berjalannya waktu, belakangan saya baru tahu ternyata sms itu juga dikirimkan kepada sejumlah rekan jurnalis yang lainnya. Dan balasannya memang sejumlah agenda kegiatan.

Asal tahu, yang namanya liputan selalu diartikan dua hal, yang saling berhubungan dan sepertinya sulit dipisahkan. Ada yang beranggapan setiap kali liputan sama artinya dengan sejumlah rupiah yang diperoleh dari liputan itu. Tetapi banyak juga rekan sesama jurnalis tidak sependapat dengan cara berpikir seperti itu.

"Dia mau datang kalau liputan itu bernilai rupiah. Ada embel-embelnya. Kalau nggak, meskipun penting buat media, tetap saja dia milih yang ada embel-embelnya itu," kata seorang kawan lain kepada saya.

Sampai pagi tadi, kawan saya itu masih tetap mengirimkan sms yang sama: Hari ini agendanya apa? Dan saya masih tetap setia membalasnya dengan agenda-agenda liputan hari itu.
Ternyata...
Ada yang 'lebih penting' dari sekedar sebuah liputan dalam tugas seorang jurnalis....(gong)

Tidak ada komentar: