Jumat, 15 Agustus 2008

HENDRO. Sebuah Prototype

Saya baru mendengar kabar, HENDRO, kawan saya yang diskors karena dianggap memiliki pekerjaan lain yang dianggap (sekali lagi) 'membahayakan' pekerjaannya di M-Comm itu, bakalan diperpanjang masa skorsingnya. Saya cuma mengelus dada.

Meski kabar itu masih belum jelas benar, tetapi paling tidak, itu sebuah propaganda bagi orang lain, bagi kawan-kawan lain di M-Comm, atau lebih luas lagi di Suarasurabaya Media, yang agaknya bisa jadi mengendorkan semangat mereka yang punya keinginan mendapatkan 'lebih' dari sekedar pekerjaan di Suarasurabaya Media.

"Itu akibatnya, kalau kamu menerima side job lain dari luar. Jangan sekali-kali mencoba itu, nanti bisa jadi seperti HENDRO nasibmu. Diskorsing, sak kepenake udele dewe sih! itu khan merugikan perusahaan. Kenapa kok gak pilih jalan aman saja, wis gak usah macem-macem lah," ujar GIMBIK setengah mencibir.

Saya cuma diam. Apa iya, menerima side job itu diharamkan di Suarasurabaya Media?? Kalau ditelisik lebih detil, dan ditelusuri agak panjang, menerima pekerjaan sampingan, atau apapun istilahnya, di Suarasurabaya Media itu dilakukan dan dipraktekkan oleh banyak orang. Nggak cuma jajaran karyawan. yang lebih tinggi dari karyawan juga ada.

Menjadi pengajar, menerima job ngemsi (MC), atau memberikan diklat, itu khan juga side job. "Lho yang penting itu laporan keatasan, dan side job nya itu tidak berbenturan dengan core business-nya perusahaan. Ngemsi mantenan khan beda dengan siaran, menjadi pengajar khan beda dengan kerja diruang siaran," tambah GIMBIK.

Mungkin HENDRO ketika menerima pekerjaan sampingan itu tidak laporan terlebih dulu keatasannya. Akhirnya HENDRO diperpanjang skorsingnya. Entah karena side job yang diterimanya itu tidak dilaporkan keatasannya? Atau karena menerima pekerjaan sampingan itu haram?

Jangan-jangan, diantara ketidak jelasan ketentuan, aturan, fatwa atau undang-undang ketenagakerjaan di lingkup Suarasurabaya Media yang sudah berusia 25 tahun itu, HENDRO dikorbankan sebagai prototype 'orang-orang yang mencoba tetap lurus dan menolak tunduk' pada rancangan kemapanan dan ketenteraman dibalik tumpukan sampah dibawah meja??.(gong)  

2 komentar:

Novri mengatakan...

mas.. artinya Prototype apa ya ??

Sambil garuk2 kepala *On Mode On*

Dodiek mengatakan...

gimbik? koyok tau krungu aku wekekekeke